Quantcast

Thursday, August 27, 2015

#OLS: Lem Memori dan Bank Memori

Baru kali ini dengar istilah cukup aneh Lem Memori??

Memang sedikit aneh, tapi bagi para pakar dan peneliti otak istilah tersebut adalah istilah yang lazim digunakan. 

Lem memori seperti dikutip dari Stine (1997) adalah sebuah cara untuk menggunakan kemampuan otak yang telah ada semenjak lahir untuk mengingat apa yang “perludiingat ketika “harusmengingatnya.

Jadi untuk lebih jelasnya, lem memori adalah sebuah cara yang digunakan oleh otak kita untuk memanggil ingatan dari setiap peristiwa, momentum, teori, rumusan, dan segala bentuk memori yang telah direkam oleh otak kita dan disimpan dalam otak itu sendiri dalam bank memori.

Sementara bank memori ibarat sebuah ruang khusus yang dipergunakan untuk menyimpan setiap hal yang direkam otak. Dalam dunia nyata, bank digunakan untuk menyimpan uang dan surat berharga, sama halnya dengan bank memori digunakan untuk menyimpan setiap jenis hal yang direkam oleh otak melalui panca indera. 

Melihat dan memperhatikan kutipan dan cetak italic diatas, sudah pasti lem memori berhubungan erat dengan ingatan yang perlu dan harus untuk diingat, sesuai dan tergantung dengan kebutuhan. Bukan hanya sekedar mengingat perihal fakta saja yang utama dari masa lalu yang terekam dalam bank memori otak, tapi tujuan utamanya adalah kemampuan ganda terhadap daya tangkap dan daya ingat.

Perhatikan beberapa hal berikut dan tancapkan dengan jelas kedalam pikiran atau otak anda karena hal ini akan membantu anda untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat:
  • Percaya bahwa anda akan ingat dan mudah mengingat (hal ini digunakan sebagai pembentukan “anchor” bagi sistem bawah sadar otak anda agar modul pengingat di otak anda aktif)
  • Meningkatkan keinginan untuk mengingat (lebih terfokus pada kegiatan-kegiatan mengingat yang baik dan positif, tujuannya adalah membangun sistem pengingat yang baik dan positif pula)
  • Visualisasi atau membayangkan atau reka ulang secara jelas dalam pikiran (hampir seperti melamun) namun lebih terfokus pada poin-poin penting yang ingin diingat (tujukan pada kejadian-kejadian positif dan baik sehingga menimbulkan perasaan yang baik seperti semangat, gairah, dan menjadi motivator internal)
  • Secara sadar, minta dan perintah diri anda untuk mengingat. Anda bisa menggunakan metode atau cara seperti self-hypnosis atau meditasi atau relaksasi, dimana gelombang otak jadi lebih teratur dan kemudahan dalam mengingat akan lebih kuat pada frekuensi otak yang lebih rendah misal dalam frekwensi alpha dan atau tetha. Tujuannya adalah pembentukan anchor atau dasar atau pondasi sehingga kejadian tersebut menjadi kejadian yang istimewa dan bisa setiap saat dengan mudah untuk diingat sebagai motivasi, penambah daya, inspirasi, dll.
  • Mengulang secara mental apa yang anda ingat besok pagi. Hampir sama seperti apa yang anda lakukan dengan tahapan sebelumnya. Anda hanya perlu memerintahkan otak anda untuk mengingat apa yang anda perlu ingat besok pagi, semisal jadwal sekolah atau kampus, atau kegiatan seperti kencan, janji, dan lain sebagainya, sehingga ketika anda terbangun, anda akan langsunga terbiasa untuk mengingat.
  • Evaluasi materi. Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah evaluasi dari seluruh tahapan diatas. Dilakukan setelah berjalan beberapa hari lebih baik. Semisal hari pertama anda mungkin gagal untuk mengingat, hari kedua dan seterusnya. Sehingga anda bisa lebih memperhatikan tentang level atau kapasitas daya ingat anda yang sebenarnya.
Lem memori sangat baik digunakan terutama bagi para pelajar yang mengalami kendala kesulitan dalam mengingat. Bahkan bagi yang sulit untuk bangun pagi meskipun sudah memasang alarm, teknik lem memori dapat digunakan dengan memerintahkan otak dan bawah sadar untuk membangunkan diri anda besok pada jam yang anda inginkan.

Nah, silakan mencoba sendiri untuk dapat meningkatkan kapasitas otak dalam hal mengingat. 

Pelatihan di atas tersebut adlaah berupa sikap pembentukan mental. Jika anda memerintahkan otak anda untuk lupa, meskipun tidak berniat sekalipun atau hanya dalam ucapan sederhana, "Aduh besok saya pasti tidak akan mengingat apapun" atau "Besok saya pasti kesiangan". Maka pikiran bawah sadar secara otomatis merekam perintah untuk menyesuaikan diri dengan kalimat sederhana tersebut. 

gunakan pelatihan mental diatas untuk membiasakan diri berpikir dan berprasangka positif dan baik kepada diri sendiri. Hal ini sangat penting agar otak anda terbiasa menyimpan memori yang diperlukan dengan sangat rapi dan mudah untuk dipanggil.

2 komentar:

JokoPratama said...

Wah mantabh Mas. Like this Mas, saya catat semuanya. Jika ada pertanyaan nanti langsung saya sampaikan Mas.

Obat Tradisional Saluran Kemih said...

bener sob kalo kita yakinkan sesuatu itu bisa kita ingat, maka kita akan ingat terus, apalagi ditambah dengan visualisasi pada otak itu lebih mudah di ingat...

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan santun. Maju Blogger Indonesia

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo