Quantcast

Monday, August 17, 2015

#Hypnosis: Mengenal Hypnosis dan Hypnotherapy

Bagi yang sudah mengetahui #hypnosis atau lebih akrabnya #hipnosis mungkin tidak ada salah kaprah dengan perihal yang berhubungan dengan kondisi #hypnosis atau #hipnosis itu sendiri. 
#Hypnosis: Mengenal Hypnosis

  • Definisi #Hipnosis atau #Hypnosis

#Hypnosis berasal dari bahasa Yunani, hypnos yang berarti tidur dan isme yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi #hypnosis adalah sebuah kajian pengetahuan yang mempelajari tentang tidur.
Jadi orang sedang tidur terus dipelajari? Hehehe. Rasanya seperti itu kalau melihat secara harfiah. Tapi yang dibicarakan disini adalah sebuah kondisi yang disebut tidur. Dan kondisi tidur yang dimaksud adalah kondisi #relaksasi pikiran, kondisi #frekwensi otak yang menyerupai kondisi tidur. 
Kondisi #frekwensi otak yang menyerupai tidur ini lah yang disebut #hypnosis. Jadi tidur yang banyak diketahui oleh orang pada umumnya adalah kondisi menutup mata dan tidak berpikir apapun. Justru bagi beberapa pakar #otak dan organ dalam menyatakan bahwa sebenarnya kondisi tidur atau kondisi #hypnosis memiliki tingkat #fokus atau #konsentrasi yang tinggi. 
  • Kondisi #hypnosis

Kondisi #hypnosis seperti yang sudah dijelaskan diatas terjadi dalam kondisi bermacam. Syaa bisa ambil contoh salah satu kondisi terjadinya #hypnosis dalam kehidupan sehari-hari dimana #fokus #otak kita sebenarnya sangat tinggi sebagai berikut: 
  1. Menonton televisi hingga merasakan kesedihan pada saat serial televisi menunjukkan adegan sedih
  2. Menghayati pembacaan buku atau doa sehingga dapat menangis
  3. Melamun atau memikirkan seseorang dengan membayangkan
  4. Kondisi baru bangun tidur yang akibat mimpi misalkan mimpi tenggelam lalu tidak bisa bernafas sehingga mengakibatkan terbangun
  5. dan seterusnya
Empat contoh diatas merupakan kondisi #hypnosis yang umumnya terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun banyak media televisi maupun media lainnya menampilkan kondisi #hypnosis, namun kurangnya pengarahan pada   kita sehingga masih banyak diantara kita salah kaprah dengan kondisi #hypnosis yang sebenarnya. 

Jadi kondisi #hypnosis adalah kondisi dimana frekwensi otak mirip dengan kondisi tidur, dimana #frekwensi otak menjadi lebih rendah, pikiran bawah sadar naiksementara pikiran sadar turun, dan memiliki tingkat konsentrasi lebih tinggi dari kondisi sadar. 

  • Pengertian Hypnotherapy atau Hipnoterapi

#Hypnotherapy atau #Hipnoterapi adalah sebuah teknik yang dikembangkan dalam bentuk terapi pikiran melalui teknik #hypnosis. Sehingga #hypnosis dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan untuk memberi #sugesti atau perintah kepada pikiran bawah sadar (pikiran bawah sadar seseorang akan naik ke permukaan ketika orang tersebut sedang tertidur atau mengantuk). Orang yang ahli dalam menggunakan #hypnosis dalam melakukan terapi disebut #hypnotherapist. Orang yang dihipnosis disebut #suyet.
#Hypnosis: Hypnotherapy

  • Perbedaan Hypnotherapy dan Hypnosis panggung (Stage Hypnosis)?

Meskipun sama-sama menggunakan metode #hypnosis sebagai sarana, #hypnotherapy sangat berbeda dengan stage #hypnosis (hipnotis untuk pertunjukan atau permainan seperti yang Anda lihat di Televisi). Stage #hypnosis lebih mengarahkan penggunaannya untuk entertainment atau lebih kearah menjual pertunjukan. Misalnya dengan membuat keadaan yang lucu dan janggal, orang yang dihypnosis menjadi lupa dengan namanya, menjadi susah untuk berdiri, dan lain sebagainya.
Sedangkan dalam #hypnotherapy, tujuan klien adalah menyelesaikan masalah atau meningkatkan kemampuan diri, yang mana hasil dari #hypnotherapy diharapkan bisa bertahan untuk selamanya atau dalam jangka waktu tertentu sesuai permintaan. 
Maka dari itu teknik yang digunakan pun berbeda. Dalam #hypnotherapy suyet tidak hanya duduk diam dan mendengarkan #sugesti dari #hypnotherapist. Ketika #hypnotherapy berlangsung, pikiran suyet akan diajak berdiskusi untuk menyelesaikan masalah yang suyet hadapi. Pemberian #sugesti dalam hipnoterapi lebih bersifat halus dan tidak memaksa sehingga lebih ke arah mengajak pikiran bawah sadar suyet untuk menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dialami.
  • Seperti apa rasanya dalam kondisi hypnosis?

Banyak orang yang belum mengetahui mengenai hipnotis, menganggap bahwa kondisi #hypnosis itu sama dengan tidur atau pingsan atau tidak sadar sama sekali. Sebenarnya, kondisi #hypnosis adalah kondisi relaksasi pikiran yang biasanya disertai relaksasi tubuh seperti ketika Anda merilekskan tubuh menuju tidur di malam hari. Pada kondisi ini suyet akan merasakan seluruh tubuh rileks, pikiran fokus, perasaan damai, dan sebenarnya tetap bisa mendengar suara di sekitar.
#hypnosis adalah pemberian program kepada pikiran bawah sadar seseorang yang sebelumnya dibawa pada kondisi sangat rileks dengan tujuan memprogram ulang dengan memprogram ulang asupan-asupan negatif yang terkandung didalam pikiran bawah sadar dengan cara pemberian sugesti positif secara berulang-ulang.
  • Apa syarat orang yang bisa di#hypnotherapy?

Banyak orang menganggap bahwa orang yang bisa dihipnosis adalah orang yang bodoh atau lemah pikirannya. Faktanya, seseorang hanya bisa dihipnotis apabila orang tersebut cukup cerdas, mampu berkonsentrasi dan bisa berimajinasi. #hypnosis tidak bisa diterapkan kepada orang gila, idiot, orang tuli, atau anak kecil yang belum bisa berkomunikasi dua arah. Kunci utama dari #hypnosis adalah komunikasi antara Hipnoterapist dan suyet. Jika seorang suyet secara sadar menolak asupan atau sugesti dari hipnoterapist maka proses hipnoterapi pun tidak akan dapat berlangsung dengan baik. Dalam hipnosis dibutuhkan keterbukaan antara pemberidan penerima sugesti dengan tujuan mencapai apa yang diinginkan suyet.
  • Apa saja manfaat Hypnotherapy?

#Hypnosis bagi beberapa pakar merupakan induknya beberapa ilmu pengetahuan besar. Dan secara tidak langsung sebenarnya orang yang bahkan tidak mengenal #Hypnosis pun sering mengalami kondisi #Hypnosis itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada prinsipnya #Hypnosis adalah metode penggunaan kemampuan komunikasi verbal atau lesan dengan tujuan untuk menyampaikan program kepada pikiran bawah sadar seseorang, termasuk kepada diri sendiri.
#Hypnosis memiliki banyak manfaat diantaranya untuk membantu proses penyembuhan, membantu proses peningkatan motivasi dan kepercayaan diri, meningkatkan kecerdasan spiritual dan intelligence, mengurangi trauma atau depresi atau beban pikiran negatif, relaksasi dan penjernihan pikiran sadar dan bawah sadar, mengurangi emosi yang tidak stabil, bahkan dapat digunakan untuk proses pengecilan perut atau diet, dan masih banyak fungsi lain dari #hypnotherapy itu sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan santun. Maju Blogger Indonesia

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo