Quantcast

Sunday, September 11, 2016

#Istilah: Guerilla Marketing

Guerilla-Marketing-1
Pernah lihat salah satu vending machine berjuluk Hug Me machine dari salah satu brand minuman soda yang telah 100an tahun malang melintang dalam kehidupan kita?
Ya, biasanya jika ada vending machine berisikan minuman soda di mall-mall besar, stasiun kereta, atau bandara, kita harus mengisikan sejumlah uang agar mesin tersebut mengeluarkan minuman yang yang kita pesan. Hug Me meachine tidak memerlukan uang untuk mengeluarkan 1 botol atau 1 kaleng minuman soda tersebut, cukup dipeluk, dan mesin tersebut mengeluarkan entah 1 botol atau 1 kaleng.
Konsep marketing ini sangat mempromosikan nama, logo dan segala informasi terkait brand tersebut. Targetnya jelas, jika diletakkan di kampus, ya mahasiswa. jika diletakkan di Mall, memang itu tempat buat belanja dan jalan-jalan, rata-rata mereka akan beli minuman kalengan atau botolan, karena ringkas dan ekonomis.
Tapi jika mesin dibuat biasa saja, ya hasilnya biasa saja, mungkin yang membeli hanya orang yang kenal dengan brand tersebut. Tapi, si marketer yang memiliki ide hug me machine ini memang pantas diacungi 4 jempol (mengingat 2 saja buat saja masih ngga cukup). Kreatif, inovatif, unik, dan murah kalau menurut saya.
Guirella Marketing
Saya yakin para marketing tahu tentang konsep sederhana guirella marketing, murah, tepat sasaran, dan viral. Apalagi jika bisa memanfaatkan emosi konsumen dengan baik sehingga sudah pasti akan jadi viral.
Menurut wikipedia versi English (saya ngga nemu yang bersi bahasa Indonesia tentang Guirella Marketing – sediih amat),
Guerrilla marketing is an advertisement strategy concept designed for businesses to promote their products or services in an unconventional way with little budget to spend. This involves high energy and imagination focusing on grasping the attention of the public in more personal and memorable level.
Adalah sebuah konsep strategi yang didesain untuk bisnis untuk mempromosikan produk dan jasa pelayanan mereka dengan cara yang TIDAK BIASA dengan BUDGET KECIL. Konsep ini biasanya melibatkan energi dan imajinasi yang berfokus pada bagaimana mendapatkan perhatian publik secara lebih personal dan menghasilkan kenangan yang baik.
Some large companies use unconventional advertisement techniques, proclaiming to be guerrilla marketing but those companies will have larger budget and the brand is already visible.[1] The main point of guerrilla marketing is that the activities are done exclusively on the streets or other public places, such as shopping centers, parks or beaches with maximum people access so as to attract a bigger audience.[
Wikipedia melanjutkan dengan penjelasan bahwa banyak perusahaan besar menggunakan cara tidak biasa dan mengklaim bahwa hal tersebut masuk dalam kategori Guirella marketing tapi perusahaan tersebut mengeluarkan budget yang besar dan brand mereka sudah terlihat sejak awal.
Bapak dari guirella marketing, Jay Conrad Levinson yang pernah menuliskan buku tentang guirella marketing, dimana perubahan penggunaan media dalam beriklan terjadi dari media cetak ke media elektronik seperti TV dan radio. Tapi sekarang,
“I’m referring to the soul and essence of guerrilla marketing which remain as always — achieving conventional goals, such as profits and joy, with unconventional methods, such as investing energy instead of money.
Wikipedia menambahkan,
Guerrilla Marketing is an alternative strategy and is about taking the consumer by surprise to make a big impression about the brand (What is Guerrilla Marketing, 2015), this in turn creates a buzz about the brand or product being marketed.
Adalah strategi alternatif dan tentang bagaimana mendapatkan konsumen melalui memberikan mereka surprise atau kejutan untuk menciptakan ketertarikan yang besar terhadap brand (What is Guirella Marketing, 2015), dan strategi tersebut akan menciptakan buzz atau pembicaraan yang besar tentang brand atau produk yang dipasarkan.
Wah, apalagi jika anda sudah, sedang, atau berencana membuat start up business, saya kira, modal awal untuk branding bisa sedikit lebih hemat karena Guirella Marketing adalah strategi yang pas.
Coba perhatikan gambar ini, menarik yah!
barbecue
Lain waktu mari kita kupas lebih dalam tentang strategi marketing yang menarik ini.
Selamat membaca dan menyusun rencana.  

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan santun. Maju Blogger Indonesia

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo