Quantcast

Monday, August 17, 2015

#Hypnosis: Mengakali Cemburu

#Hypnosis: Mengakali Cemburu

Siapa yang tidak pernah terbakar api #cemburu? 

Paling tidak semua orang pasti pernah merasakan betapa tidak enaknya merasa cemburu atau bisa dikatakan sedang merasa ter-nomor sekiankan alias dicuekin.

Ya cemburu merupakan penyakit mental sejuta umat, tak jarang orang jadi saling bermusuhan, bahkan saling membunuh karena penyakit yang satu ini. Tapi siapa yang menyangka bahwa #cemburu itu penyakit mental yang sebenarnya mengajarkan diri kita untuk menjadi lebih baik kedepannya. Nah oleh karena itu saya ingin berbagi sedikit tip dan trik yang saya gunakan ketika saya cemburu.

CEMBURU YANG POSITIF!!!

#Hypnosis: Mengakali Cemburu


Aduh cemburu ko bisa positif sih...

Bagi siapapun, #cemburu selalu mengacu pada hal negatif yang tidak membuat diri kita nyaman, baik yang mengalami #cemburu, atau dicemburui, begitu pula dengan saya sendiri. #Cemburu tidak melulu terjadi pada masalah percintaan saja. COntohnya, cemburu seseorang kepada kakak atau adiknya yang mendapat perhatian lebih. Atau cemburu seorang siswa karena siswa lain yang mendapatkan kebaikan dan ramah tamah sang guru. Atau pada pekerjaan, ketika anda melakukan sesuatu yang besar anda mengharapkan pujian dari sang Bos, justru orang lain atau rekan satu tim anda yang mungkin lebih muda, lebih energik, atau lebih rupawan yang mendapat pujian dari si Bos.

Sudah cukup lama saya mempelajari tentang #cemburu ini dari sudut pandang pribadi saya sehubungan dengan psikologis dan secara neuromentalis. Saya ingin membagi beberapa kriteria #cemburu sebagai berikut:
  1. Cemburu fisikal
#Cemburu ini terjadi berdasarkan apa yang dilihat dan didengar dan bisa dibuktikan secara kasat mata (nampak) atau berhubungan dengan faktor fisik. Seringkali berhubungan dengan masalah kecantikan atau ketampanan, jumlah kekayaan yang dimiliki, Jabatan atau pangkat, title atau gelar, pakaian dan perhiasan, dan lain-lain.
  1. Cemburu Mental
#Cemburu ini terhubung dengan sesuatu yang tidak bisa dilihat secara kasat, misal kepandaian, kecakapan dalam bekerja, keramah tamahan, kemampuan dan lain-lain.

#Cemburu pada awalnya merupakan sifat kurang bisa menerima keadaan, atau melakukan pembantahan, penyangkalan dan perlawanan secara mental atau batin. Kemelut sebelumnya diawali dengan rasa penasaran dengan kecenderungan untuk membuktikan sangat tinggi. Ketika terjadi pembuktian baru terjadi penyangkalan. dan semakin terbukti, semakin besar penyangkalan. Sementara semakin besar penyangkalan akan menimbulkan efek negatif pada mental untuk memberikan perlawanan dengan tujuan melindungi kawasan kekuasaan atau posisi diri secara mental, lisan bahkan hingga fisik. Dan yang sangat disayangkan adalah jika terjadi perlawanan secara lisan dan fisikal, karena sudah pasti akan terjadi permusuhan dan perkelahian secara fisik.

Dengan memahami apa yang dimaksud dengan #cemburu , akan membantu sesesorang untuk dapat mengendalikan kecemburuan dan mengubahnya dari #cemburu yang negatif menuju #cemburu yang positif.
  • Evaluasi diri terhadap penyebab terjadinya cemburu
Caranya, ketika anda melihat seseorang lalu anda #cemburu, segera lakukan evaluasi diri. Bayangkan jika anda adalah dia, atau bayangkan sebaliknya jika dia adalah anda. Rasakan baik-baik, seberapa puas diri anda jika anda bisa menjadi seperti dia dan pula sebaliknya. Lalu tanyakan pada diri anda, apa yang menyebabkan anda #cemburu? Tugas anda hanya diam dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh pikiran bijak atau hati nurani anda sendiri.

Pikiran bijak atau hati nurani tentunya akan menyampaikan secara apa adanya, sesuatu yang benar-benar jujur tentang diri anda. Jika anda mengelak dari jawaban yang diberikan, anda tidak sedang berpikir bijak, anda tidak sedang menjadi diri anda sendiri. Pikiran bijak atau hati nurani justru mengajarkan anda untuk tidak perlu cemburu, bahwa hidup anda baik-baik saja. Hnaya saja, jika anda tetap menerima rangsangan pikiran negatif yang berbisik, anda akan kembali terjerumus.

Jika anda merasakan belum dapat menjernihkan dan berbincang dengan pikiran bijak atau hati nurani anda sendiri, anda bisa melakukan tahapan berikutnya melalui proses rileksasi.
  • Melakukan introspeksi diri melalui relaksasi
Hanya sekedar saran, jika anda sedang mengalami #cemburu berat, hindari memikirkan orang yang anda cemburui dalam kondisi terbakar #cemburu, pergi dan carilah sebuah lokasi yang dapat menenangkan anda, jika anda di kantor mungkin bisa meminta ijin atasan sebentar untuk membasuh muka dan menenangkan diri karena tahapan ini membutuhkan pikiran yang lebih relaks dan tenang dan membutuhkan waktu antara 10-20 menit. Relaksasi dapat dilakukan dengan duduk santai sambil mendengarkan musik instrumen, atau duduk santai di taman atau tempat yang memiliki pemandangan yang bagus, atau jika anda sedang berada dikantor atau tidak memungkinkan mencari tempat yang dimaksud, paling tidak anda bisa melakukannya di pantry atau lokasi lain yang memungkinkan anda untuk duduk lebih tenang. Langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Duduklah dengan nyaman, anda dapat bersandar dan menyandarkan kepala anda sehingga tidak akan mengganggu pernafasan anda. Jika perlu longgarkan ikat pinggang atau dasi anda.
  2. Pejamkan mata dan mulailah mengatur nafas dengan menariknya secara dalam melalui lubang hidung, tahan 5-10 detik, rasakan seluruh otot diafragma perut atau dada mengencang dan seluruh otot lainnya. Lalu hembuskan perlahan melalui lubang hidung. Rasakan seluruh otot diafragma yang kendor, sama halnya dengan seluruh otot tubuh yang lain. Lakukan sebanyak 3 atau 5 kali secara berulang dan sama.
  3. Lalu bernafaslah secara natural, nikmati masuk serta keluarnya nafas secara teratur dari lubang hidung hingga ke paru-paru, begitu pula sebaliknya ketika membuang nafas. Nikmati saja sambil memejamkan mata dan rasakan hingga seperti mengantuk, seolah akan tertidur, namun bukannya tertidur. Rasakan anda semakin tenang dan damai dengan kondisi duduk anda. Fokuskan pada nafas, jika nafas terasa semakin berat, tandanya anda sudah lebih rileks, jangan kawatir dengan kondisi ini karena pikiran bawah sadar anda sedang naik sementara sebaliknya pikiran sadar anda sedang turun.
  4. Anda bisa mulai dengan memikirkan hal yang membuat anda senang dan terlupa dengan rasa cemburu. Cukup bayangkan apa yang anda sukai, yang pada intinya dapat membuat perasaan anda lebih senang dan gembira, karena tujuan dari langkah ini adalah membangkitkan sel-sel endhorphin dalam otak anda, sehingga anda dapat merasakan ketenangan dan kedamaian dalam pikiran anda. Anda dapat membayangkan tentang liburan dan rekreasi anda bersama orang terdekat anda, atau anda bisa membayangkan lokasi yang sangat ingin anda datangi misal dipantai atau melihat pemandangan alam lain seperti gunung dan lain sebagainya. Lakukan sampai anda merasakan sangat tenang.
  5. Jika anda sudah merasakan kondisi yang gembira, kondisi dimana anda merasakan sangat tenang dan lupa dengan rasa cemburu yang dirasakan. Tahap berikutnya adalah anda mulai mengkondisikan diri untuk melakukan prosesi refleksi atau introspeksi diri dengan cara sbb:
  6. Bayangkan anda melihat diri anda sendiri secara utuh dari ujung kakli hingga ujung kepala. Bayangkan diri anda secara utuh. Lihatlah bayangan anda tersebut berdiri saat ini dihadapan anda, dan tersenyum kepada anda. Lalu silakan anda memulai dengan langkah berikut:
Langkah berikutnya ada 2 jenis tahap:

Lihatlah apa yang menjadi kelebihan diri anda. Lihatlah segala kemampuan, bakat, hobi, kesukaan, keahlian, yang anda miliki dan menjadi nilai positif anda.

Tujuannya adalah pembentukan penghargaan terhadap diri sendiri. Dapat anda lakukan dengan melihat diri anda yang nampak gagah, anggun, mempesona, luar biasa, memiliki banyak keberuntungan dan kebaikan, semua orang yang melihat anda akan penuh dengan perasaan decak kagum, dan lain sebagainya. Kuatkan dengan sugesti kata-kata positif seperti "saya sangat luar biasa, banyak bagian dari diri saya yang super positif dan membanggakan" dan lain sebagainya. Lalu dapat anda akhiri dengan kata-kata penguat seperti “Saya ingin menjadi lebih baik,lebih hebat, lebih dan lebih…” sesuai apa yang anda kehendaki; atau

Lihatlah apa yang menjadi poin-poin dimana anda merasa kurang.

Tujuannya adalah untuk membentuk kesadaran diri untuk lebih bisa menerima segala masukan dan keadaan yang akan digunakan sebagai sumber perbaikan diri. Bisa anda lakukan dengan membayangkan anda melihat diri anda sendiri. Misal anda melihat diri anda begitu cengeng, manja, pemalas, suka menggerutu, mudah cemburu. Tugas anda adalah menghampiri bayangan diri anda yang “kurang” tadi untuk memberikan penguatan. Tugas anda berikutnya adalah menyisipkan kata-kata penguat seperti, ”Saya memiliki banyak keberuntungan, saya memiliki banyak kebaikan, saya memiliki kapasitas seseorang yang anggun dan semua orang disekeliling saya melihat saya dengan penuh kekaguman, karena saya adalah orang yang luar biasa” dan kata-kata yang berhubungan dengan bagaimana merubah perasaan cemburu.

Sebagai penutup, selalu gunakan kalimat-kalimat sugesti pembangun dengan ucapan syukur yang menandakan bahwa anda menerima semua keadaan dengan bergembira dan siap untuk melakukan perubahan besar dalam hidup anda. Anda bisa menggunakan kalimat "saya sangat luar biasa", "Saya selalu penuh pesona dan semangat", "Saya fit, sehat, kuat, dan 100 kali lebih baik dari sebelumnya".

Lakukan hal tersebut sambil anda melakukan proses pernafasan seperti pada langkah pertama diatas, namun kali ini bukan untuk membawa diri anda pada ketenangan dan menaikkan pikiran bawah sadar, namun sebaliknya menaikkan pikiran sadar dan membangkitkan semangat diri untuk menutup proses relaksasi tersebut. Lakukan pernafasan sejumlah 3 atau 5 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu anda dapat membuka mata dan kembali ke dunia nyata anda dengan semangat yang 100 kali lebih baik dan luar biasa dari sebelumnya.

Berikut beberapa hal berhubungan dengan perasaan #cemburu yang harus anda ketahui untuk dapat merubahnya
  • #Cemburu itu Belajar
Dari cara diatas, akan membentuk kesadaran diri bahwa #cemburu itu belajar. Bahwa anda perlu menyadari, ketika anda #cemburu terhadap seseorang yang cantik dan tampan karena pakaian atau dandanan yang digunakan, maka anda sedang diajari untuk menghargai diri anda untuk belajar berdandan dan berpakaian lebih baik lagi. Sementara jika anda #cemburu pada seseorang yang rajin atau pandai, maka sebenarnya anda sedang belajar untuk memaksa diri anda menjadi pribadi yang lebih rajin agar anda bisa mencapai tahapan kepandaian yang anda mau. Jika anda #cemburu kepada seseorang yang kaya raya dengan mobil mewah baru dan perhiasan lainnya, maka anda sebenarnya sedang belajar untuk menjadi pribadi yang harus bisa memotivasi diri untuk lebih giat bekerja agar mampu mencapai tahapan kesuksesan dan memilki kekayaan yang anda inginkan.
  • Perbanyak syukur
Perihal penting yang seringkali dilupakan orang adalah perihal bersyukur. Mereka yang banyak #cemburu adalah cenderung mereka yang seringkali merasa kurang dan terlalu sering mempersalahkan diri sendiri. Bersyukur merupakan salah satu kunci diri yang memiliki efek pengaruh positif paling besar terhadap kondisi mental dan fisik seseorang.

Mereka yang bisa dan mensyukuri keadaan akan membawa diri mereka pada kondisi nyaman dan produktif, tidak mengalami ketergesa-gesaan dalam bertindak, lebih bijak dalam menilai, mengukur, membuat keputusan dan melakukan tindakan-tindakan yang membangun. Rasa syukur merupakan obat paling mujarab yang mampu menyembuhkan penyakit mental yang disebut cemburu karena mampu menerima keadaan diri, memiliki penghargaan terhadap diri sendiri, serta mampu memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Jadilah pribadi yang positif & fokus pada target
Tahap berikutnya adalah tahapan fisikal, dimana anda diminta untuk menjadi pribadi yang lebih positif dengan menjadi pribadi yang lebih ramah, murah senyum, mudah bergaul, sopan santun, rajin dan sabar serta ikhlas. Jika anda memulai satu kebaikan, maka kebaikan atau kepositifan berikutnya akan mengikuti. Jadi fokuslah pada target anda bahwa jika anda memiliki komitmen yang positif dan konsisten maka anda akan mencapai tujuan tersebut, karena hidup pasti diuji, termasuk pandangan anda terhadap orang lain yang berhubungan dengan perasaan cemburu tadi.

Nah, demikian dari saya untuk mengulas #cemburu secara panjang lebar. #Cemburu bukanlah penyakit mental yang bisa dianggap sebelah mata. Jika anda seorang pelajar sekalipun, atau anda seorang pekerja atau mungkin hanya sekedar Ibu rumah tangga, #cemburu membakar rejeki anda dengan menjadikan pikiran dan hati anda terlalu sibuk dengan perasaan #cemburu daripada berfokus untuk melatih diri agar dapat mencapai setiap yang di cita-citakan.

Salam sukses, selamat berpraktik ria.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan santun. Maju Blogger Indonesia

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo